Tips dan Cara Bersihkan AC Sendiri Agar Awet

cara-bersihkan-ac-sendiriAC merupakan alat yang penting, khususnya untuk bangunan yang berada di daerah dengan hawa panas. Keberadaan AC dapat memberikan kesejukan serta menimbulkan rasa nyaman dalam beraktivitas atau bersantai. Agar AC dapat bertahan lama serta berfungsi dengan optimal, Anda perlu melakukan perawatan.

Perawatan apa yang perlu Anda lakukan untuk AC? Salah satu yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan AC secara rutin. Jangka waktu yang tepat untuk melakukan pembersihan adalah 2 hingga 3 bulan sekali.

Anda bisa menggunakan layanan pembersih yang banyak tersedia atau membersihkan sendiri. Simak cara bersihkan AC sendiri agar Anda tak salah langkah.

Cara Bersihkan AC Sendiri agar Tahan Lama

Sebaiknya Anda membuat jadwal khusus untuk membersihkan AC. Namun jika Anda tidak memiliki waktu khusus, Anda bisa melakukan pembersihan jika muncul tanda tertentu pada AC. Tanda yang dimaksud adalah AC tidak terasa dingin seperti biasanya atau muncul bunyi yang cukup mengganggu.

Baca juga: Cara Melepas AC Rumah yang Aman dan Cepat

Jika tanda-tanda tersebut sudah muncul, jangan menunggu lebih lama untuk membersihkan AC. Jika dibiarkan, ada resiko kerusakan yang membutuhkan biaya lebih besar. Cobalah untuk membersihkan sendiri. Simak tutorial cara bersihkan AC sendiri. Langkahnya cukup mudah untuk dilakukan.

  1. Cek Filter AC

Langkah pertama adalah dengan memeriksa filter AC Anda. Jika AC sudah sangat kotor dan sulit dibersihkan, sebaiknya Anda membeli filter terbaru di toko peralatan elektronik terdekat. Jenis filter yang digunakan bisa Anda ketahui dari buku manual perangkat.

Belilah filter yang sama persis dengan filter lama. Jika buku manual sudah tidak ada, Anda bisa membawa filter saat membeli penggantinya agar mendapatkan barang yang tepat. Namun, jika filter AC masih bisa dibersihkan, Anda tak perlu menggantinya dengan yang baru.

  1. Matikan Aliran Listrik

Jika Anda akan melanjutkan ke pembersihan AC, jangan lupa untuk memastikan perangkat sudah tak tersambung dengan alat listrik lagi. Tahap ini sangatlah penting karena jika perangkat terkena air sementara masih tersambung dengan aliran listrik, mesin AC Anda bisa konslet. Jika sudah terputus dari aliran listrik, Anda bisa segera melakukan cara bersihkan AC sendiri yang selanjutnya.

  1. Buka AC

Selanjutnya untuk membersihkan bagian dalam AC, Anda perlu membuka tutup blower. Tutup blower bisa dibuka menggunakan obeng. Alat pembersih yang digunakan bisa berupa sikat gigi dan kuas untuk area sempit.

Jika ada kotoran yang membandel, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih AC secukupnya. Cairan pembersih khusus AC ini bisa Anda dapatkan di supermarket atau toko kebersihan.

Bagian lain yang perlu dibersihkan adalah kondensor. Kondensor merupakan komponen dari AC yang berbentuk sayap baling-baling dan terbuat dari alumunium. Agar kotoran lebih mudah terangkat, siram kondensor menggunakan air deterjen. Jangan lupa untuk membilas menggunakan air bersih agar tidak ada deterjen tersisa dan menimbulkan karat.

  1. Finishing

Setelah semua bagian telah dibersihkan, keringkan setiap bagian dengan sempurna. Anda bisa mengeringkan dengan cara mengelap atau menjemur di bawah sinar matahari. Setelah benar-benar kering, pasang kembali seluruh komponen AC. Kemudian sambungkan kembali dengan aliran listrik dan nyalan AC. Setelah dibersihkan, pasti akan terasa perbedaan.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihkan ini secara rutin ya. Karena jika tidak dibersihkan secara rutin, AC Anda lebih cepat rusak. Semoga ulasan cara bersihkan AC sendiri ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat membersihkan AC dan menikmati sensasi perbedaannya.

Updated: 23/08/2018 — 2:40 pm
Mawar Jaya Tehnik © 2016 Frontier Theme