Teknik Tepat Membersihkan AC Panasonic

mawar-jaya-tehnik-jasa-service-ac-tanjung-barat-berkualitasAC atau Air Conditioner merupakan kebutuhan yang banyak diperlukan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang hidup di daerah tropis. Terdapat berbagai macam jenis AC dari berbagai merek yang beredar di masyarakat.

Meskipun memiliki fungsi dan peran yang sama, namun pada dasarnya masing-masing memiliki keunggulan maupun kelemahan masing-masing.

AC terdiri atas berbagai macam bagian dan komponen didalamnya. Untuk itu bisa jadi perawatan antar komponen di masing-masing merek berbeda-beda.

Kali ini akan dibahas mengenai teknik tepat membersihkan AC Panasonic yang tepat agar bisa mempengaruhi usia ekonomis dari AC yang Anda miliki.

Prosedur Membersihan AC Panasonic yang Tepat

Salah satu merek AC yang banyak digunakan di masyarakat yaitu Panasonic. Sebagai bentuk tindakan preventif yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan beberapa prosedur pembersihan yang tepat.

Untuk menambah referensi Anda dalam merawat AC, berikut akan dibahas mengenai beberapa teknik yang tepat untuk membersihkan AC Panasonic. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini.

1.      Perhatikan Perawatan Kondensasi Luar

Jika Anda menginginkan minimalisasi biaya perawatan maupun biaya listrik, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan kondensasi luar.

Ketika bagian ini terdapat gangguan, alhasil AC Anda bisa terganggu suhu udara yang dihasilkan. Selain itu hal yang lebih parahnya yaitu bisa memperpendek usia ekonomis.

2.      Bersihkan Filter

Filter merupakan bagian yang penting karena mempunyai fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam AC.

Ketika bagian ini mengalami gangguan, maka bisa dipastikan udara yang dikeluarkan kembali kurang baik. Sebelumnya pastikan untuk membaca buku panduan yang ada, jangan sampai keluar dari SOP yang sudah ditentukan.

Teknik pembersihannya, Anda bisa menggunakan tisu, kuas kecil maupun vacum cleaner. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika Anda memang sudah paham betul dengan bagian komponen AC tersebut. Jika Anda ragu, maka menggunakan jasa teknisi ahli merupakan hal ayng sanagt dianjurkan.

3.      Bersihkan Bagian Kumparan Evaporator dan Kipas

Teknik pembersihan bagian tersebut yaitu dengan cara menyemprotkan cairan pembersih pad bagian yang dirasa memang memerlukan. Hal yang perlu diperhatikan yaitu mengenai tata letak dari masing-masing komponen.

Dikarenakan letaknya sangat sulit dijangkau, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan teknisi yang memang ahli dibidangnya. Jika kurang hati-hati maka bisa merusak komponen yang ada didalamnya.

4.      Pembersihan Bagian Unit Output Luar

Meskipun bagian tersebut letaknya hanya diluar, namun pembersihan ayng tepat juga diperlukan untuk menghasilkan kinerja yang optimal.

Agar mengurangi risiko tersengat aliran listrik, maka hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu cabut terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung ke stop kontak.

Setelah itu, mulailah membersihkan bagian luarnya dengan menggunakan lap basah agar debu-debu yang mungkin menempel bisa bersih.

Meski terlihat sepele, namun hal tersebut penting dilakukan karena dikhawatirkan debu yang menempel di casing luar bisa ikut terbawa ke dalam, sehingga bisa merusak bagian komponen dalam atau bisa mempengaruhi usia ekonomis AC yang Anda miliki.

Nah itu dia beberapa tips dan teknik membersihkan AC Panasonic yang tepat. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi tambahan ketika membersihkan alat pendingin ruangan tersebut.

Pastikan untuk senantiasa mengikuti SOP yang ada dan senantiasa berkonsultasi dengan teknisi yang ahli di bidangnya. Semoga bermanfaat.

Updated: 02/05/2019 — 10:09 am