Inilah Cara Menempatkan AC Yang Baik dan Benar

Inilah Cara Menempatkan AC Yang Baik dan Benar

AC merupakan alat pendingin ruangan yang bisa mengubah udara panas menjadi lebih dingin di tempat yang tertutup atau ruangan. Menempatkan AC yang benar sesuai saran dari jasa service AC bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk.

Sebenarnya masih ada sistem sirkulasi yang alami, namun dengan alasan tertentu penggunaan AC banyak dipilih juga. Misalnya tinggal di apartemen, dimana sirkulasi udaranya kurang maksimal sehingga ruangan terasa pengap dan panas.

Di tempat seperti itu AC menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi agar lebih nyaman untuk ditinggali.

Menempatkan AC Yang Benar

Table of Contents

  1. Jangan Biarkan Udara Panas Masuk

Penggunaan AC bisa lebih optimal ketika udara panas dari luar tidak banyak yang masuk. Untuk itulah ketika AC dalam keadaan menyala, pintu dan jendela sebaiknya ditutup semua.

Bagaimana jadinya jika udara panas banyak yang masuk? Tentu saja AC harus bekerja keras untuk mendinginkan udara tersebut. Inilah yang menyebabkan penggunaan listrik jadi lebih boros, AC pun akan cepat rusak.

  1. Tidak Boleh Terkena Sinar Matahari

Karena sinar matahari yang langsung bisa menimbulkan kerusakan pada AC. Kondisi yang panas membuat mesin AC mengalami pemuaian sehingga mudah rusak untuk beberapa partisinya.

Jasa service AC masih bisa dihubungi jika kerusakan dalam tingkat yang wajar. Jika rusak parah, kemungkinan harus ganti dengan AC yang baru.

  1. Posisikan Langsung Ke Tempat Tidur

Poin yang ketiga ini jika AC digunakan di kamar tidur, maka posisi terbaiknya berada di samping kanan atau kiri tempat tidur.

Hindari berhadapan langsung ke tempat tidur karena bisa mengakibatkan gangguan pernafasan. Jika ruangan tidak memungkinkan, sebaiknya gunakan bagian belakang tempat tidur.

  1. Tidak Berhadapan Langsung Dengan Pintu

Khusus di ruang tamu bisa ditempatkan dimana saja asal tidak menghadap langsung ke pintu. Keluar masuknya orang-orang akan membawa udara panas menjadi lebih banyak, ini tidak baik untuk AC.

  1. Perhatikan Ketinggian Memasang AC

Minimal ketinggian untuk memasang AC yakni sekitar 30 cm dari tinggi badan. Menempatkan AC terlalu rendah akan membahayakan kesehatan karena udara dingin langsung mengenai tubuh.

Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan jasa service AC jika Anda bermaksud untuk memasang AC agar penempatannya benar.