Cara Perawatan Kompresor yang Baik dan Benar

contoh-compressor-acKompresor merupakan suatu alat mekanis yang bekerja untuk menghirup uap refrigerant dari evaporator lalu mendorongnya. Kompresor banyak dijumpai dalam bidang perbengkelan maupun dalam AC sekalipun. Biasanya berkaitan dengan udara dan suhu yang dikeluarkan oleh AC.

Dari penjelasan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa ternyata kompresor memiliki peranan yang penting untuk mengatur suhu udara di dalam ruangan.

Oleh karena itu, sebagai bagian yang berfungsi untuk mengendalikan udara yang masuk dan keluar tentunya ada cara tersendiri untuk menangani perawatan dari kompresor tersebut.

Untuk itu, berikut akan dijabarkan mengenai beberapa cara perawatan kompresor yang baik dan benar. Ketika tekanan tersebut besar, maka hasil yang dikeluarkan juga semakin besar.

4 Cara Perawatan Kompresor yang Tepat

Sebagai bagian yang penting untuk kinerja AC, maka Anda bisa melakukan berbagai macam langkah prosedur perawatan kompresor. Dikarenakan kompresor sendiri merupakan bagian yang penting untuk mengatur suhu, maka alangkah lebih baiknya untuk mengetahui teknik yang tepat agar kinerja AC bisa optimal.

Agar kinerjanya bisa optimal, maka diperlukan suatu penanganan yang tepat dalam hal perawatan mesin kompresor. Lantas, bagaimanakah cara perawatan kompresor yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini.

1.      Bersihkan Secara Rutin Bagian Input Maupun Output AC

Jika Anda menginginkan AC Anda awet, maka salah satu hal yang perlu Anda tinjau yaitu berkaitan dengan pembersihan secara rutin bagian input maupun output AC.

Sebelumnya Anda juga bisa melakukan pengecekan terkait baut, belt, mur dan lain sebagainya. Bisa jadi hal-hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari kompresor yang ada di dalam AC. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu maupun lap pada bagian outputnya.

Namun, untuk bagian inputnya pastikan untuk senantiasa mengikuti SOP yang ada, selain sebagai bagian dari prosedur dan tindakan preventif.

Hal tersebut juga berkenaan dengan umur ekonomis yang bisa bertambah ketika mengikuti prosedur yang ada. Jika dirasa ada yang kurang sesuai atau Anda sendiri kurang percaya diri untuk menanganinya, maka Anda bisa meminta bantuan pada teknisi yang memang ahli dibidangnya.

2.      Cek Kompresor AC Secara Berkala

Pastikan untuk senantiasa memeriksa kompresor yang ada pada AC milik Anda. Jika dirasa tekanan udaranya kurang, maka bisa dipastikan ada sesuatu yang berjalan tidak normal dengan salah satu bagian atau komponen AC, salah satunya bagian kompresor. Pastikan untuk mengeceknya minimal 2 atau 3 kali dalam sebulan.

3.      Periksa Pressure Gauge

Ketika Anda menggunakan kompresor, maka pastikan untuk senantiasa memeriksa bagian pressure gauge untuk mengetahui tekanan udara yang terkandung dalam tabung kompresor. Perawatan kompresor AC yang digunakan di dalam rAC uangan dengan AC kendaraan tentu berbeda.

4.      Perhatikan Pemasangan Tiap Komponen

Hal terpenting ketika Anda akan menggunakan kompresor yaitu pastikan untuk memperhatikan pemasangan tiap komponen didalamnya. Contohnya jika keliru untuk pemasangan kondensator dan evaporator menyebabkan oli akan cepat turun dan sulit untuk menuju bagian kondensatornya.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara perawatan kompresor yang mungkin bisa Anda coba sendiri dirumah. Jika Anda merasa ada yang kurang sesuai atau Anda merasa ragu, bisa Anda tanyakan pada teknisi yang ahli dibidangnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan referensi bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi cara perawatan kompresor yang tepat. Semoga bermanfaat.

Updated: 21/04/2019 — 1:29 pm