Cara Melepas AC Rumah yang Aman dan Cepat

cara-melepas-ac-rumahAC atau Air Conditioner biasanya diletakkan di bagian atas dinding. Hal ini bertujuan agar hawa dingin dapat menyebar secara merata ke seluruh bagian ruangan. Oleh karena itu, tak mudah untuk membersihkannya di tempat pemasangan.

AC harus dilepas dan diturunkan terlebih dahulu. Bagaimana cara melepas AC rumah? Sebenarnya melepas AC tidaklah sulit. Anda hanya perlu berhati-hati agar keselamatan Anda terjaga dan AC tidak rusak. Yuk, simak ulasan di bawah ini agar Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk melepas AC.

Tips Cara Melepas AC Rumah yang Aman

Melepas AC memang tampak tidak mudah bagi yang belum pernah melakukannya. Kesalahan dalam melepas AC dapat merusak komponen AC serta berbahaya bagi keselamatan. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam melepas AC. Inilah tahapan cara melepas AC rumah

Simak juga: 4 Tahapan dalam Cara Bersihkan AC Rumah yang Perlu Diketahui

  1. Menyiapkan peralatan

Peralatan sangat penting agar AC dapat terlepas dengan baik tanpa ada komponen yang rusak. Peralatan yang diperlukan antara lain tangga baik kayu maupun alumunium, perak las tembaga, cutter pipa tembaga, paku beton, martil, alat las, drill set, bor listrik, obeng berbagai bentuk dan ukuran, flaring tool set,tang ampere, kunci L, kunci pas (berukuran 8, 12 dan 13), dan kunci inggris.

  1. Menyimpan Freon

Cara ini dapat dilakukan untuk membongkar AC tanpa membuang Freon. Langkah pertama cara melepas AC rumah adalah dengan menyalakan AC terlebih dahulu. Setelah itu, pasang selang compound yang berwarna biru pada manifold gauge ke nepel pengisian.

Bukalah baut tutup kran valve baik yang kecil maupun yang besar. Selanjutnya kran valve ditutup menggunakan kunci L. Tunggu beberapa saat hingga tekanan ada di titik nol. Jika tidak ada manifold gauge, tutuplah kran valve pipa kecil dan tunggu beberapa detik. Kemudian tutup kran valve pipa besar. Ini merupakan proses penyimpanan freon agar tidak terbuang.

  1. Melepas AC

Putusan sambungan AC ke aliran listrik. Cabut steker dari aliran listrik. Jika tidak menggunakan steker, matikan MCB pusat atau MCB box panel pembagi. AC harus bebas dari aliran listrik untuk mencegah adanya sengatan listrik atau hubungan arus pendek.

Setelah itu, bongkar AC. Anda bisa melepas bagian outdoor terlebih dahulu ataupun bagian indoor. Sambungan pipa pada komponen outdoor maupun indoor dapat dilepas menggunakan kunci inggris dan kunci pas. Tutup bagian nepel untuk menghindari debu.

  1. Melepas Breket

Selanjutnya adalah melepas breket, baik unit indoor maupun outdoor. Caranya sangat mudah. Untuk melepas breket outdoor, Anda hanya perlu melepas baut. Lepaskan naple pipa kecil dan pipa besar dengan kunci kombinasi, lalu lepaskan kabel power.

Sedangkan untuk melepas breket indoor, Anda memerlukan obeng atau betel beton untuk mencongkel breaket dari dinding. Lepaskan casing, saluran air buang, naple dan kabel listrik. Setelah terlepas dengan, angkat bagian tersebut dari breket. Satukan seluruh bagian AC agar tidak tercecer dan hilang.

Gunakan alat pengaman jika lokasi AC terletak di lokasi yang tinggi. Hati-hati saat Anda melepas kabel listrik dan gunakan sarung tangan untuk mencegah sengatan listrik. Lakukan seluruh tahap secara perlahan, tak perlu terburu-buru apalagi dengan gerakan yang kasar.

Cara melepas AC rumah ini mudah, bukan? Waktu yang diperlukan pun terbilang cepat dan tidak memakan waktu lebih dari 1 jam. Semoga Anda berhasil melakukan langkah-langkah di atas ya. Jika Anda masih ragu, jangan lupa untuk bertanya.

Jika Anda khawatir AC akan rusak bila ditangani sendiri, silahkan serahkan pada teknisi yang sudah ahli dalam hal ini. Selamat mencoba!

Updated: 23/08/2018 — 2:42 pm
Mawar Jaya Tehnik © 2016 Frontier Theme