AC Dirumah Anda Kotor? Ketahuilah Cara Membersihkan Filter AC

mawar-jaya-tehnik-jasa-service-ac-joglo-berkualitasIklim Indonesia yang cenderung panas memang menjadi momok oleh warganya. Masyarakat Indonesia harus melakukan berbagai cara untuk menyejukan dirinya. Salah satu antisipasinya yaitu dengan memasang AC. AC atau yang sering disebut air conditioner memang elah banyak dipasang di rumah, sekolah, gedung, perkantoran bahkan di toilet.

AC sendiri berfungsi untuk menyejukan ruangan. Namun terkadang filter AC sendiri sering kotor dan berdebu. Hal ini disebabkan karena AC terlalu sering digunakan. Cara membersihkan filter AC pun sangatlah mudah.

Walaupun cukup mudah, anda tentunya harus memahami dan menguasai teknik teknik dalam membersihkan filter AC. Gerakan atau tindakan yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada filter atau bagian penting dari air conditioner. Untuk menghindari hal tersebut, dibawah ini akan menjelaskan beberapa caranya.

Cara membersihkan filter AC dengan baik dan benar

Untuk mengobati rasa penasaran para pembaca mengenai berbagai cara membersihkan dan meawat filter AC, dibawah ini akan dijelaskan macam macamnya. Lets check it!

  1. Membuka filter AC

Cara membuka filter AC yang pertama adalah dengan membuka filternnya. Anda harus membuka bagian tutup terluar AC dengan cara mengendorkan scrupnya. Scrub tersebut biasanya teletak di bagian bawah atau tengah AC.

Bukalah tutup filter secara perlahan dan hati hati. Hal ini dikarenakan bahan dari penutup filter ac tersebut terbuat dari plastik yang getas dan tentunya gampang pecah atau retak.

Namun dalam membuka beberapa merek AC anda tidak perlu membuka atau melepas scrub. Merek AC tersebut memudahkan penggunanya dengan tidak memasangkan scrub di bagian penutup filter.

Mintalah bantuan orang lain dalam membuka penutup dari filter AC agar anda tidak mengalami kejadian yang tidak tidak seperti penutup jatuh, pecah, retak dan lain sebagainya.

  1. Membersihkan filter

Setelah anda berhasil membuka penutup filter AC langkah yang selanjutnya adalah membersihkanya. Anda dapat membersihkan debu yang ada di filter ac dengan menggunakan lap basah, vacum cleaner dan kemoceng.

Namun penggunaan kemoceng dalam membersihkan debu yang ada di filter AC terbilang tidak efektif karena dapat memasukan debu ke bagian mesin AC. Anda lebih disarankan menggunakan lap basah ataupun vacum cleaner.

Lap basah dapat mengangkat kotoran dan debu yang menemepel di filter Ac secara menyeluruh. Sedangkan vacum cleaner dapat menyedot semua debu dan kotoran yang menempel.

Usahakan pada saat membersihkan AC dalam keadaan off atau mati. Karena jika anda membersihkan pada saat AC menyala  atau pada posisi ON anda akan kesulitan membersihkan debu. Filter AC yang kotor dapat menyebabkan AC tidak dingin dan berbau apek.

  1. Menutup penutup filter

Langkah dalam membersihkan dan merawat filter AC ang terakhir adalah dengan cara mentup penutup filter AC. Setelah membersihkanya menggunakan lap basah atau vacum cleaner anda harus menutup kembali filter AC tersebut.

Cara menutupnya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu memasang penutupnya kembali ke tempat semula. Jangan lupa kencangkan penutup filter AC tersebut menggunakan scrub yang ada.

Tutuplah dengan benar agar filter AC tidak mudah kotor karena debu. Dalam membersihkan filter AC sebaiknya anda meminta bantuan tukang atau jasa service khusus pembersih AC. Hal ini untuk menghindari terjadinya gerakan atau teknik yang salah dalam membersihkan filter.

Penjelasan diatas mengenai beberapa langkah atau cara membersihkan filter AC semoga dapat menginsiprasi dan menambah wawasan para pembaca. Memiliki filter AC yang bersih tentunya menguntungkan bagi para pengguna.

Updated: 07/03/2019 — 9:31 am